Gibran's Daily Activity (11)*

Gibran's Daily Activity (11)
Gibran sedang menikmati buburnya
(*Tulisan ini diambil dari catatan facebook tanggal 20 November 2017)

Sejak kemarin, Gibran sudah mulai diberikan MP-ASI (Makanan pendamping ASI). Usianya sudah 6 bulan. Sudah saatnya dia mendapatkan makanan tambahan selain ASI.
Dia diberikan MP-ASI berupa bubur yang dihaluskan. Sebelumnya saya agak khawatir tentang cara menyiapkan makanannya. Setelah belajar sana-sini, saya dapat menyimpulkan bahwa MP-ASI bisa dibuat dari makanan yang biasa dimakan oleh orang dewasa, hanya bentuknya saja yang berbeda. MP-ASI anak 6 bulan dibuat dalam bentuk bubur saring/halus.
Saya agak lega. Itu artinya kami tidak perlu mencari bahan makanan khusus yang mungkin agak sulit didapat atau agak mahal. Ternyata sangat sederhana dan mudah dibuat oleh siapapun.
Hari ini, mamanya Gibran membuat bubur yang berwarna hijau. Saya takjub dan penasaran dengan komposisi dan cara pembuatannya.
Dia menjelaskan kalau bahannya sederhana dan mudah didapat, yaitu beras, labu kuning dan sayur kangkung. Cara pembuatan: pertama, masak bubur dari beras. Saat setengah matang, masukan labu kuning yang dipotong kecil-kecil. Setelah labunya lembek, masukkan kangkung dan tunggu sekitar 2 menit (usahakan sayurnya tetap hijau).
Kedua, bubur tadi dicampur dengan ASI yang sudah diperah, kemudian dihancurkan dengan blender. Setelah halus, bubur itu disaring lagi. Hasil saring itulah yang akan diberikan pada Gibran.
Saat disuapkan pada Gibran, dia agak merengit. Mungkin rasanya aneh. Tapi, itu hanya terjadi pada suapan pertama. Suapan selanjutnya dia mulai ketagihan. Bibirnya bergerak aktif meyambut tiap kali senduk didekatkan pada mulutnya.
Saya senang melihat Gibran makan. Gerakan bibir dan lidahnya terlihat lucu dan menggemaskan. Aktivitas memberinya makan bisa menjadi sarana hiburan tersendiri buat saya.
Pagi ini, buburnya tersisa sedikit. Dari pada dibuang, lebih baik saya makan. Dari bubur itu, saya akhirnya bisa tahu rasa ASI itu seperti apa.

Posting Komentar

0 Komentar