Status FB 1 Juni 2017

Selamat Hari Lahir Pancasila, 1 Juni
"Pembacaan teks Pancasila, oleh pembina upacara dan diikuti oleh peserta upacara"

Semasa sekolah (SD - SMA), jika ditawarkan menjadi petugas dalam upacara bendera, saya cenderung memilih menjadi pembawa teks Pancasila.

Alasannya sederhana, cuma itu tugas yang paling mudah dilakukan bila dibandingkan tugas lainnya. Hanya bermodalkan kemampuan langkah tegap sambil menenteng teks Pancasila, lalu menyodorkan kepada pembica upacara, kemudian kembali ke tempat semula. Saya merasa tugas itu sangat mudah dan tidak lama.

Kebiasaan mengikuti upacara bendera yang rutin dilakukan setiap hari Senin itu, membuat saya hafal luar kepala butir-butir Pancasila. Saking hafalnya, saya bahkan berani nantang Pak Jokowi supaya buat quiz atau suru saya melafalkan Pancasila dalam sebuah acara, asalkan berhadiah sepeda, hehehe...

Bagaimana dengan makna tiap silanya, sudahkah memahami ? Sudahkan mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ?.

Kalau pertanyaan begitu, jujur saja, saya belum sepenuhnya paham dan belum sepenuhnya mengimplementasikannya.

Tapi, satu hal yang pasti, isi dari dasar negara RI itu sudah saya yakini baik dan tidak perlu dipertanyakan lagi. Saya sepakat dengan Pak Jokowi, "Pancasila itu sudah final".

Mengenai proses memaknai dan mengimplentasikannya, bisa dilakukan secara pelan-pelan saja. Butuh proses. Bukankah kita dalam cinta dan mencintai juga butuh waktu ???

Begitupun saya, perlahan saya terus berusaha memaknai dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila tersebut. Harapannya, kita semua juga se-ide dalam hal ini.

Kalau Anda berpikir mengubah lagi dasar negara itu, pikirkan baik-baik !!! Cinta kami terhadap Pancasila adalah jenis cinta buta. Siapa yang mengganggu, kita akan bertindak tanpa ragu.

Bangun kreativitas dalam bentuk hal lain saja. Tidak usah kreatif dalam hal mengganti dasar negara. Sekali lagi, "Pancasila sudah final".

Selamat hari lahir, Pancasila. Beta Indonesia, Beta Pancasila. I Juni 2017.

Catatan: Tulisan ini diambil dari Facebook

Posting Komentar

0 Komentar