#Aksi135

Kampanye Kesehatan Massal memeriahkan #IND2017

Apa yang kami suarakan hari ini sebenarnya hal sederhana. Sangat sederhana malahan. Namun, jika diyakini dan benar-benar dilaksanakan, dampaknya sangat besar. Inilah yang kami sebut sebagai, "Little step, high impact".

Sekali lagi disampaikan, kegiatan perawat NTT (Ppni Provinsi Ntt) hari ini, merupakan rangkaian perayaan hari perawat sedunia 2017.

Perawat yang bekerja dan berdomisili di wilayah Kota dan Kabupaten Kupang (Ppni Kabupaten Kupang), bersama-sama melakukan berbagai kegiatan.

Pertama, kami melakukan longmarch sepanjang arena Car Free Day Kota Kupang (Jl. Eltari). Selama longmarch, kami mengkampanyekan tentang penyakit tidak menular/PTM (PPOK, Hipertensi, DM, Stroke, dan Kanker) dengan cara berorasi secara langsung dan membentangkan spanduk, poster serta membagikan leaflet yang berisi informasi berbagai penyakit tersebut.

Mangapa kami menginformasikan PTM ?

Trend penyakit yang diderita masyarakat saat ini mengalami perubahan seiring dengan kemajuan di berbagai bidang kehidupan. Gaya hidup yang tidak sehat sangat berpengaruh pada status kesehatan seseorang.

Kalau dulu, banyak orang menderita berbagai penyakit menular atau infeksi. Kini, PTM justru lebih banyak diderita masyarakat.

Berbagai PTM itu merupakan penyakit kronis, dimana akan terasa dampaknya bila sudah mengalami dampak lebih lanjut. Penyakit ini bisa dicegah atau ditekan dampaknya bila kita mengetahui lebih dini, sehingga segera mengambil keputusan dan tindakan yang tepat.

Selain itu, langkap pencegahan selalu menjadi pilihan utama dalam menghadapi berbagai ancaman PTM tersebut. Tindakan pencegahan sangat mudah dan murah, yaitu dengan menjalankan Germas.

Apa itu Germas ?

Germas merupakan singkatan dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Germas ini sudah menjadi gerekan bersama masyarakat Indonesia, lewat Inpres No.1 tahun 2017.

Tidak usah membayangkan hal-hal rumit, germas sangat mudah kita lakukan. Inilah langkah sederhana yang bisa kita lakukan:
1. Melakukan aktivitas fisik (olahraga) minimal 30 menit sehari.
2. Meningkatkan kebiasaan konsumsi makanan bergizi, khususnya sayur dan buah.
3. Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan minimal 6 bulan sekali.
4. Kurangi atau hentikan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol
5. Menjagan lingkungan agar selalu bersih dan indah.


Kedua, kami juga menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Setelah masyarakat memahami tentang PTM dan Germas, mereka bisa langsung terapkan dalam hal pemeriksaan kesehatan.

Adapan pemeriksaan yang disiapkan adalah penimbangan berat badan, pengukuran tinggi bada, pengukuran tekanan darah, dan pemeriksaan gula darah.

Hasil pemeriksaan kesehatan tersebut, bisa langsung dikonsultasikan kepada perawat senior yang sudah berpengalaman dalam merawat berbagai PTM.

Ketiga, kami juga mengukuhkan komitmen masyarakat dalam menerapkan germas dengan pembubuhan tandatangan pada tempat yang sudah disediakan.

Itulah gambaran umum kegiatan yang kami lakukan hari ini. Jadi, sepanjang kegiatan, tidak bosan-bosan kami bicarakan tentang PTM, Germas dan pemeriksaan kesehatan. Topik pembicaraan itu kamu ulangi beberapa kali. Bukan karena kami ngga ada kerjaan lagi. Tapi saking pentingnya, sehingga harus diulang-ulang biar mudah diingat.

Terima kasih buat sejawat perawat yang ikut sukseskan acara tersebut. Terima kasih kepada DPW Ppni Provinsi Ntt, DPD Ppni Kabupaten Kupang, dan DPD PPNI Kota Kupang. Terima kasih juga buat institusi pelayanakan kesehatan dan isntitusi pendidikan tinggi keperawatan yang ikut mendukung acara tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar