F O K U S

Beberapa hari lalu saya pernah posting di wall tentang kegiatan "Life Mapping" oleh MHMMD untuk mahasiswa Unair angkatan tahun 2013, tepatnya 3-4 Mei 2014 kemarin. Seperti yang sudah saya ceritakan, kami diarahkan untuk menemukan potensi diri, merenung masa lalu, melihat realitas masa kini serta harapan masa depan. Semua keinginan -apapun itu jenisnya- harus dituliskan secara nyata dalam peta kehidupan. Tulis sebanyak-banyaknya keinginan, tapi tentunya dilandasi kesadaran dan keyakinan akan dapat mencapainya.

Awalnya saya berpikir, wah... mudah sekali hidup ini jika dengan menulis semua mimpi saja niscaya akan terwujud. Ternyata saya keliru. Dari semua mimpi atau harapan masa depan atau cita-cita yang telah kami tulis, ternyata kemudian disuruh memilih salah satunya untuk menjadi fokuspencapaian atau bisa dibilang menentukan harapan yang paling utama diantara yang ada.

Mentor MHMMD menjelaskan alasan untuk fokus dengan sebuah cerita nyata. Bapak Prof. Habibie yang dikenal sebagai ahli pesawat terbang, hanya menguasai salah satu bagian dari pesawat tersebut, yaitu teknologi keseimbangan sayapnya. Beliau mengetahui seluruh bagian-bagian pesawat, tapi hanya ahli pada satu bagian saja. Ada ahli-ahli lain yang melengkapinya sehingga tercipta sebuah pesawat terbang yang utuh. Ada yang ahli dalam menentukan jenis ban yang digunakan, ada ahli yang merangcang kursi pesawat yang safety, ada yang design bagian interior sehingga tampak menarik dan nyaman, dan lain sebagainya.

Begitupun kita dalam meraih mimpi atau cita-cita. Tidak dipungkiri, kalau ditanya keinginan mau mendapat apa atau menjadi apa, atau memiliki apa, kadang-kadang banyak untaian keinginan menari-nari dalam pikiran. Tentunya kitapun ingin meraih, ingin mendapatkan semuanya.

Menurut pengalaman dari pendahahulu yang sudah tercatat kisah suksesnya, ternyata kita mesti berani, teliti, dan tegas sejak kini dalam menentukan salah satu target (fokus) yang ingin dicapai. Tentukan targe, fokus, dan DOOOORRR....!!! Action...!!!

Jangan menunggu terlalu lama, tentukan hal yang menjadi fokus Anda sekarang dan jadilah ahli (expert). Percayalah semua orang akan tertuju pada Anda.

(Ket: Lokasi foto di Taman Pahlawan Surabaya. Ini adalah Panser yang direbut oleh pejuang Arek-arek Surabaya dari tangan sekutu dalam pertemuran 10 Nopember 1945).

Tulisan ini pernah dimuat pada akut Facebook saya pada tanggal 7 Mei 2014.

Posting Komentar

0 Komentar