Mengganti Nama ???

Apalah arti sebuah nama ? Penamaan apa pun tentu sangat penting untuk memudahkan kita mengenal dan membedakan satu hal dengan yang lainnya. Begitu pula dengan nama manusia, setiap orang punya nama masing-masing meski ada sebagian kecil yang kebetulan sama. Dalam menentukan nama anak, banyak hal yang biasa dipertimbangkan oleh orang tua. Bisa mengikuti tradisi kepercayaan yang dianut, ajaran nenek moyang, dan banyak pertimbangan lainnya. Sekarang begitu banyak buku di toko buku tentang pilihan nama anak beserta artinya.

Apakah nama hanya berfungsi sebagai pembeda saja ? Masing-masing orang punya keyakinan tersendiri. Ada orang yang meyakini nama memiliki pengaruh kesuksesan dalam setiap usaha atau tindakan yang dilakukan. Ada pula yang menganggap namanya skedar pembeda saja, tidak ada makna khusus terhadap kehidupannya.

Saya, pada awalnya, termasuk pada golongan orang kedua. Saya menganggap nama sebagai pembeda saja, agar saat orang memanggil Saverinus Suhardin, bukan orang lain yang menoleh atau menjawab. Namun, hingga pagi ini keyakinan itu mulai tergoyah. Berikut beberapa alasan yang buat saya ragu-ragu, antara percaya atau tidak.

Pertama, kalau kita baca dalam ajaran agama Kristen ada sebuah cerita seorang rasul yang mengubah nama, berpengaruh pula dengan karakteknya. Dialah Santo Paulus. Nama awalnya adalah Saulus, dengan karakter kepribadian yang cenderung negatif. Setiap orang yang percaya kepada Kristus diburu, kemudian dibunuh. Sangat sadis tentunya. Dengan bantuan pencerahan dari Tuhan, Saulus kemudian disadarkan lalu bertobat dan mengganti nama menjadi Paulus. Sejak saat itu, Dia bukan lagi mengejar orang percaya Kristus untuk dibunuh, melainkan dengan semangat mewartakan Injil. Saking aktif dalam mengajarkan Injil, 3/4 kitab Suci perjanjian baru ditulis olehnya. Ini salah satu bukti dari makna sebuah nama.

Kedua, dulu di kampung saya ada tetangga yang mengganti namanya. Menurut informasi yang belum tentu benar juga, katanya, alasan dia mengganti nama didasari sebuah pesan lewat mimpi. Katanya juga, nama yang baru akan memberi kemudahan dalam hidup. Hingga kini, sejauh saya menilai, memang beliau hidupnya baik, dalam arti kebutuhan dasar pasti terpenuhi. Intinya hidup sejahtera.

Ketiga, seorang pemain timnas U-19 asal Alor-NTT Yabes Malaifani pasca pertandingan AFF Cup, namanya diganti menjadi Yabes Roni. Kenapa hal itu bisa terjadi ? Secara pribadi saya belum tanya secara langsung, tapi bisa dianalisa dari cerita berikut ini.

Tadi pagi, sekitar pukul 03.00 dini hari saya iseng membuka youtube dan tidak sengaja melihat video Kick Andy edisi 4 April 2014 lalu dengan tema: "Misteri Dibalik Nama". Saya pun penasaran dan langsung klik untuk menyaksikan secara lengkap.

Acara tersebut menghadirkan seorang pakar nama dan waktu, doktor dalam bidang metafisika. Namanya Dr. Arkand Bodhana Kertarejasa. Beliau bisa menganalisa nama yang dikombinasi dengan tanggal lahir untuk menentukan kelemahan dan kelebihan seseorang. Yang menarik, beliau tidak menggunakan ritual tertentu, intinya bukan klenik. Ada rumus-rumus yang digunakan dan telah dibuat gampang dengan bantuan IT, sehingga dengan memasukan nama dan tanggal lahir, lalu dengan sekali klik akan muncul hasilnya. Tentunya metode ini ilmiah, buktinya beliau mendapat gelar doktor dalam bidang metafisika dengan temuan tersebut.

Untuk membuktikan kebenaran metode Dr. Arkand tersebut, Butet Kertarejasa seorang seniman dari Yogyakarta memberikan kesaksian akan manfaat yang dirasakan. Bahkan di Jogja terbentuk Paguyuban Kitab Blirik, dimana mereka yang telah menemukan nama secara tepat melalui metode Dr. Arkand akan menulisnya pada buku, satu halaman tiap harinya. Kegiatan ini bermaksud agar kita selalu menyadari dengan nama baru yang sudah tepat. Dari semua anggota yang diminta komentar, mereka memberi testimoni yang positif mengenai hasil perubahan namanya.

Tidak hanya itu, ternyata pelatih timnas U-19, Indra Sjafri juga menggunakan jasa Dr. Arkand tesebut dalam menyiapkan pasukan Garuda muda. Menurut Indra, dia pernah mencoba dala satu laga yang dilakukan timnas. Saat itu, ada 4 nama yang menurut Dr. Arkand berpengaruh buruk dalam pertandingan. Coach Indra pun mengikuti saran tersebut, sehingga menyusun line-up tanpa memasukan keempat orang tersebut. Hingga 10 menit sebelum pertandingan usai, beliau penasaran akan saran tersebut dan ingin menguji kebenarannya. Lalu, seorang dari keempatnya masuk ke lapangan pertadingan sebagai pengganti. Belum lama berselang, Indonesia kebobolan satu gol dari lawannya.

Mendengar kesaksian dari pelatih timnas U-19 tersebut, saya kemudian berpikir, mungkin salah satu dari keempat pemain tersebut adalah Yabes Malaifany, yang mana kemudian namanya diganti menjadi Yabes Roni. Apakah faktor nama tersebut yang membuat Yabes Roni mampu memberikan penampilan terbaik dengan memberikan assist yang cantik dan membuah gol bagi Indonesia saat melawan Uni Emirat Arab ? Entalah.. Bisa jadi !!!

Selain itu, ada lagi yang penting. Menurut Dr. Arkand Calon Presiden Indonesia tahun 2014 yang paling baik hasilnya sesuai hitungan nama dan tanggal lahir dengan metode tersebut adalah Pak Joko Widodo alias Jokowi. Jika digabungkan dengan Cawapres, kombinasi paling adalah Jokowi dan Gita Wirawan. Lebih lanjut, Dr. Arkand bilang nama negara kita "Indonesia" memiliki makna yang buruk dan mesti diganti demi kebaikan pada masa yang akan datang. Nama yang direkomendasikan untik mengganti nama Negara Indoensia adalah "NUSANTARA".

Itulah beberapa hal di atas yang membuat saya merasa ikut meyakini akan makna sebuah nama bagia setiap orang, nama perkumpulan/organisasai, nama perusahaan, nama/merk dagang, nama bangsa, dan lainnya. Saya sendiri meski belum mengganti nama lengkap yang diberikan oleh orang tua, namun untuk nama panggilan/sapaan sudah beberapa kali ada perubahan. Jika Anda ingin mengetahui kisahnya, bisa baca dengan klik link berikut: http://www.saverinussuhardin.blogspot.com/2014/03/ping.html.

Saya juga belum mencoba aplikasi dari Dr. Arkand tersebut. Entah hasilnya seperti apa, saya cukup penasaran. Sempat saya mengujungi website Dr. Arkand, ternyata mesti membayar dulu jika mau mengetahui hasilnya. Terpaksa saya mengurung niat dulu untuk sementara waktu.

Bagaimana dengan Anda ??? Apakah nama Anda sudah tepat ??? Mari merenung dan cari jawabannya masing-masing. Sekian saja...

Khusus buat teman-teman yang beragama Kristen: " Selamat mengenang Sengsara dan Wafat Kristus demi menebus dosa kita pada hari ini. Sebagai ungkapan syukur kita, marilah saling memaafkan. Saya juga mohon maaf jika ada kesalahan. Tuhan memberkati."

Posting Komentar

2 Komentar