SECUIL CERITA MAHASISWA BARU



Pembaca sekalian, kembali saya hadir dalam tulisan bentuk tulisan yang sederhana ini. Apa kabar semuanya ? Saya yakin pembaca sekalian semakin sehat dan sukses dalam setiap aktivitas yang dilakukan.
            Kali ini saya suguhkan kepada Anda pengalaman selama mengikuti kegiatan Pengukuhan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga Surabaya Tahun Akademik 2013/2014 yang terjadi pada Senin, 19 Agustus 2013. Kegiatan yang berlangsung di Airlangga Convention Center ini merupakan kegiatan Akademik dalam rangkap menyambut dan mengukuhkan mahasiswa baru secara resmi oleh Rektor menjadi Satria Airlangga angkatan 2013, baik program sarjana maupun diploma yang disaksikan oleh petinggi universitas, fakultas dan lembaga yang ada di lingkungan UA.
            Berdasarkan informasi yag diperoleh dari panitia, jumlah Satria Airlangga angkatan 2013 ada 6.877 orang. Ruangan Airlangga Convention Center dipenuhi lautan mahasiswa dengan seragam putih-putih. Bagi saya pemandangan seperti ini sunggu luar biasa, karena baru pertama kali saya melihat jumlah manusia dengan jumlah yang begitu banyak dalam satu tempat yang sama.
            Secara pribadi, jujur saja saya merasa bangga telah lolos dalam serangkaian seleksi sebelumnya dan kini telah resmi menjadi bagian dari Univeritas Airlangga. Betapa tidak, Unair yang merupakan Badan hukum milik negara merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia, dengan seabrek prestasi yang membanggakan baik level regional, nasional dan internasional. Bagi kalangan akademisi di seluruh indonesia, siapa yang tidak mengenal Unair ? Tidak mengherankan jika setiap penerimaan mahasiswa mahasiswa pasti akan diserbu oleh ribuan calon mahasiswa/i baru dari berbagai daerah di Indonesia.
            Ada hal yang kurang ‘enak’ bagi saya dalam mengikuti kegiatan pengukuhan ini, yakni mendapat tempat duduk yang sangat jauh dari podium utama (pada barisan kedua dari belakang). Kondisi ini tentunya menyulitkan saya dalam menyimak setiap materi yang disampaikan. Namun, meski begitu saya tetap berusaha semaksimal mungkin agar dapat mengikuti setiap rangkaian acara secara saksama.
Pada sela-sela kegiatan pengukuhan, ada ceramah singkat atau lebih tepatnya sharing  pengalaman dari Kak Herry Widyarso, S.Psi seorang alumnus Fakultas Psikologi Unair, yang kini bekerja pada salah satu perusahan asing di Jakarta. (Maaf, mudah-mudahan nama yang saya tulis itu benar, dan saya lupa nama perusahaan tempat dia bekerja. Maklum posisi duduk paling buntut membuat banyak infromasi yang kurang). Beliau dipercayakan memberi ceramah/sharing pada acara yang luar biasa dan istimewah ini tentunya beralasan. Dia telah memperoleh beberapa prestasi sejak menjadi mahasiswa, dan setelah lulus kuliah kemudian bekerja ada beberapa prestasi yang membanggakan telah diraihnya pula. Pokoknya dia Excellence With Morality banget lah... Menurut saya, pengalaman yang diceritakannya sangatlah inspiratif, menggugah setiap orang yang mendengarnya agar bisa sukses meraih mimpi. Biar pengalaman itu tidak hanya menginspirasi saya dan teman-teman Satria Airlangga yang mengikuti kegiatan tadi kemudian lenyap begitu saja, baiknya saya meneruskannya kepada Anda khususnya yang menyandang predikat mahasiswa baik yang masih baru, maupun mahasiswa lama di mana saja berada.
Baiklah, berikut ini merupakan ringkasan ceramah atau sharing pengalamannya yang sempat saya catat. Tentunya tidak selengkap kalau kita mendengar secara langsung, tapi intisarinya bisa didapatkan. Adapun judulnya adalah : “Prepare Yourself”.
A.    Kondisi real saat ini.
1.      Masalah pengangguran
·         Angka pengangguran di Indonesia hingga Februari 2013 mencapai angka 7,17 juta orang, dan sebanyak 12,78 % adalah lulusan perguruan tinggi.
·         Dari sisi jumlah angkatan kerja, pada Februari 2013 mencapai 121,2 juta orang.
·         Banyak perusahaan yang sulit mancari tenaga kerja yag sesuai, padahal pengangguran banyak. Kenapa ?
2.      Perubahan dunia saat ini:
·         Era tahun 60 – 70-an kecendrungan orang : Making things cheaper (membuat sesuatu/barang lebih murah). Dulu hal-hal yang murah yang orang cari tanpa mempertingbangkan kualitas.
·         Era tahun 80 – 90-an kecendrungan orang : Making things better (membuat sesuatu/barang lebih baik). Orang memperhatikan kualitas barang / jasa yang lebig baik.
·         Era tahun 2000-an kecendrungan orang : Making better things (membuat lebih baik sesuatu/barang), dengan menampilkan keunikan, kreatif, dan berbeda dengan yang lainnya. Inilah kondisi yang terjadi sekarang.
·         Selain ketiga hal di atas, ada pula perubahan yang lain dalam hal mata pencaharian dari Agricultural age (bercocok tanam), Industrial age (kegiatan industri), Information age (era informasi), dan sekarang pada abad ke-21 ini telah berubah menjadi Conceptual age, yang berarti orang mempunyai ide, konsep yang kreatif, unik, berbeda dari yang lain itulah yang dapat memperoleh mata pencaharian dengan mudah.
·         Perkembangan IPTEK, berupa media online yang marak digunakan sekarang seperti FB, twitter, google, youtube, dll.

B.     Did you (student) prepare for this change ?
Apakah Anda sebagai mahasiswa telah mempersiapkan diri menghadapi perubahan dunia seperti yang diuraikan di atas ? Kita perlu kembali merenungi tentang apa yang menjadi tujuan kuliah. Apa tujuan kita kuliah ?
·         Kalau hanya untuk mendapakan nilai/IPK tinggi dan ijazah, itu akan menjadi sia-sia karena orang akan mudah mendapatkannya. Hampir di setiap kampus, ada begitu banyak mahasiswa yang mampu mendapat IPK 3,0 ke atas.
·         Tujuan kuliah, sejatinya adalah mencari ILMU, yakni berupa keahlian, keterampilan, kemampuan dan keunggulan dalam suatu bidang tertentu, yang pada akhirnya membentuk “Competency”. Kompetensi ada tiga ranah:
a.       Technical competency, yakni kemampuan melakukan suatu tindakan sesuai bidang ilmu yang diperoleh dari perkuliahan di kampus.
b.      Behavior Competency,  diperoleh atau dipelajari dari kegiatan organisasi di intra dan ekstra kampus.
c.       Profesional competensy, yakni kemampuan profesional yang dikembangkan secara individu.
·         Ketiga kompetensi di atas hanya dapat diperoleh selama masa kuliah apabila kita memiliki “Time Management”
·         Selain memiliki Competency, anda juga memiliki Character. Kompetensi dan karakter merupakan perwujudan dari jargon kebesaran UA : Excellent With Morallity.
C.     7 Tips dari Kak Herry bagi Mahasiswa
1.      Tetapkan tujuan hidup. Apa tujuan hidup Anda ?? jawablah secara jujur dan merupakan hasil permenungan yang mendalam. Kalau Anda belum mempunyai tujuan hidup yang jelas, tiga pertanyaan berikut membantu Anda untuk menyusunnya :
·         Anda ingi mencapai apa dalam waktu 5-10 tahun yang akan datang ?
·         Pencapaian seperti apa yang Anda inginkan ?
·         Hal apa yang ingin orang lain kenal dari Anda ?
2.      Jadilah PROAKTIF.
Proaktif adalah bekerja secara mandiri tanpa terpengaruh oleh orang lain dalam lingkungan untuk mencapai tujuan hidup yang sudah ditetapkan. Tips kedua ini tidak terjadi apabila tips pertama tidak ada.
3.      Kenali kelebihan dan kekurangan
·         Kelebihan dipertahankan dan terus ditingkatkan
·         Kekurangan perlu disadari, carikan penyebab, tingkatkan latihan dan asah terus sehingga menjadi kelebihan baru.
4.      Positive Thinking dan tidak mudah menyerah
Apa yang Anda lihat itulah yang Anda kerjakan, dan apa yang Anda kerjakan itulah yang Anda dapatkan.
5.      Makasimalkan talenta (jangan membatasi diri)
6.      Bangunlah menara yang tinggi, maksudnya berprestasilah yang baik, sehingga orang mudah mengenal Anda saat bertemu, sama seperti orang mudah mengenal menara yang tinggi menjulang dan bagus.
7.      Asahlah gergaji.
Kenapa dianalogikan dengan gergaji ?? Karena  mengasah gergaji dimulai dari pangkal hingga ke ujungnya melewati satu per satu gerigi yang ada. Begitu pula kemampuan kita diasah secara teratur, sistematis, sehingga akan semakin “tajam”.

Pembaca yang budiman, demikian saya yang dapat saya tuliskan saat ini. Besar harapan saya Anda senang membacanya dan memperoleh manfaat walau itu tidak seberapa. Kesimpulan yang dapat kita petik dari cerita di atas adalah, tuntutan dunia kerja dewasa ini adalah pribadi yang memiliki kompetensi dan berkarakter. Karena itu selama kita menjadi mahasiswa teruslah belajar, kembangkan kemampuan diri dalam berorganisasi, proaktif dalam kegiatan ekstra kurikuler maupun non kurikuler. Selain mendapatkan hardskill, perkayai diri Anda selama kuliah dengan softskill. Pergunakan waktu sebaik-baiknya selama kuliah agar nanti tidak menyesal saat lulus, karena tidak dipakai oleh stakeholder apalagi menciptakan pekerjaan sendiri. Semoga bermanfaat... Salam Sejuta Mimpi...
Mahasiswa Baru Fak. Keperawatan UA 2013

Posting Komentar

4 Komentar

  1. wah tulisan yg bagus ... terus membanggakan perawat ...

    BalasHapus
  2. Wah... Makasih kaka. Latih-latih tulis kaka, hehehee...

    BalasHapus
  3. Sungguh anda adalah mahasiswa yang patut ditiru.
    sprtinya sya tertarik untuk memngikuti jejak anda,
    mudah mudahan kelak anda menjadi penulis terkenal.

    BalasHapus